1. يس menurut Ibn Abbas ditafsirkan ;
a. Yaa Insan d. Ya Musa
b. Yaa Muhammad e. Ya Qur’an
c. Ya dunya
2. وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلًا أَصْحَابَ الْقَرْيَةِ إِذْ جَاءَهَا الْمُرْسَلُونَ
“ Dan buatlah bagi mereka suatu perumpamaan, yaitu penduduk suatu negeri ketika utusan-utusan datang kepada mereka”, negeri manakah yang dimaksud
a. Turki d. Arab Saudi
b. Mesir e. Persia
c. Anthakiyah
3. وَالْقُرْءَانِ الْحَكِيمِ. Dalam fungsinya ’waw’ dalam ayat tersebut disebut dengan huruf…
a. Athaf d. Hijaiyah
b. Qasam e. Nawashib
c. Ma’iyyah
4. إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ yang dimaksud إِنَّك artinya “sesungguhnya engkau” yang dimaksud engkau di sini adalah …
a. Nabi Ibrahim
b. Malaikat Jibril
c. Nabi Muhammad saw
d. Syam’un
e. Habibu An Najjar
5. Diantara hikmah Rasulullah yatim sejak dikandungan adalah …
a. Agar yatim tidak dijadikan sebagai alasan untuk menghalangi seseorang menjadi orang besar
b. Menguji kesabaran Rasulullah saw
c. Memberikan teladan kepada kaum lemah untuk optimis menjadi orang sukses
d. Untuk menyempurnakan kenabiannya
e. Menunjukkan bahwa Rasulullah saw secara langsung di-tarbiyah (dididik) oleh Allah swt
6. Di bawah ini paman Nabi saw yang tidak beriman atas kenabian Muhammad saw adalah..
a. Abdul Muthalib d. Hamzah
b. Ali bin Abi Thalib e. Yahya Thalib
c. Abu Thalib
7. تَنْزِيلَ الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ ayat ini memberikan penegasan bahwa…
a. Al qur’an adalah kitab terlengkap dibanding kitab-kitab sebelumnya.
b. Al qur’an bukan karya sastra Nabi Muhammad saw secara pribadi
c. Al qur’an adalah kitab ilmiyah
d. Al qur’an mempunyai daya magic yang tinggi dan perkasa
e. Al qur’an mempunyai kekuatan yang perkasa
8. عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ tafsiran yang tepat untuk kata yang bergaris bawah adalah …
a. Jalan jalan kebaikan
b. Jalan yang sengsara
c. Jalan lebar yang lurus
d. Jalan sempit yang lurus
e. Jalan bijaksana yang lurus
9. Nabi saw pada saat ziarah ke pusara Ayahandanya yang berada di Madinah, Bersama Siti Aminah dan….
a. Ummu Aiman d. Abu Lahab
b. Jalil Al Maghribi e. Umu Aiman
c. Siti Sa’diyah
10. وَالْقُرْءَانِ الْحَكِيمِ kata yang bergaris bawah tersebut ditafsirkan dengan…
a. Al qur’an menjadi standar dalam hukum
b. Al qur’an kita yang bijaksana
c. Al qur’an memuat beberapa hukum
d. Al qur’an memuat kajian ilmiah
e. Al qur’an memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan kitab lainnya
11. (وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا) اي ......
a. ساتر d. ظلمة
b. كافر e.جامد
c. مانع
12. وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
Kandungan ayat di atas adalah…..
a. Tugas seorang rasul
b. Tugas semua da’I untuk member peringatan kepada ummat beragama
c. Taubatnya orang yang beriman karena takut kepada Allah
d. Bagi orang yang tidak beriman sama saja diberi peringatan atau tidak
e. Pribadi orang yang mau beriman
13. Dalam QS yaasin: 11, sebenarnya setiap manusia bisa beriman. Penolakan keimanan tersebut karena….
a. Karena manusia sombong dengan hasil kreasinya
b. Karena manusia adalah hamba Allah yang lemah
c. Karena kurang rasa bersyukur
d. Potensi keimanannya tertutup
e. Karena manusia lebih memahami urusannya sendiri sendiri
14. لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
Ayat yang bergaris bawah di atas mempunyai penafsiran……
a. Perkataan yang jujur
b. Perkataan yang dibuat untuk menutup kekurangan diri sendiri
c. Perkataan pasti berlaku
d. Perkataan apa saja yang berguna
e. Perkataan orang orang yang shalih, pasti akan terjadi.
15. ....... وَكُلَّ شَيْءٍ أحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِينٍ
Kalimat yang bergaris bawah di atas ditafsirkan oleh para mufassir dengan…..
a. Neraka d. Dosa
b. Lauh Mahfud e. Pahala
c. Surga
16. قَالُوا مَا أَنْتُمْ إِلَّا بَشَرٌ مِثْلُنَا وَمَا أَنْزَلَ الرَّحْمَنُ مِنْ شَيْءٍ إِنْ أَنْتُمْ إِلَّا تَكْذِبُونَ
Ayat tersebut di atas tentang sanggahan penduduk sebuah negeri yang kufur, bahwa..
a. Tuhan hanya mengutus malaikat
b. Rasul tidak lain adalah manusia biasa seperti kita
c. Kenabian itu terhenti setelah Rasulullah
d. Tuhan tidak butuh dengan rasul
e. Allah menghendaki mereka kufur
17. وَجَاءَ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ رَجُلٌ يَسْعَى.....
“رَجُلٌ “ artinya seseorang. Yaitu bernama
a. Habibun Najjar d. Nabi Isa as
b. Nabi Musa as e. Abu Jahal
c. Abu Lahab
18. Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah yang diberikan kepada utusan Nabi Isa bernama Syam’un adalah
a. Mengeluarkan air dari batu
b. Mengetahui isi hati seseorang
c. Berhasil membelah gunung gunung
d. Menghidupkan orang yang telah mati
e. Sanggup berjalan di atas lautan
19. وَمَا لِيَ لَا أَعْبُدُ الَّذِي فَطَرَنِي وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
“فَطَرَ “yakni menciptakan tafsirannya ialah…
a. Mencipta karena adanya kewajiban
b. Menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan fungsi
c. Menciptakan yang tidak ada contoh sebelumnya
d. Menciptakan sesuatu berdasarkan karekter benda tersebut
e. Menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan prosesnya
20. بِمَا غَفَرَ لِي رَبِّي وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُكْرَمِينَ
Artinya:”apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan”
a. Sebab percaya harikebangkitan
b. Sebab ikut serta berperang di jalan Allah
c. Sebab beramal dengan ikhlas
d. Sebab percaya dan mengikuti perintah utusan-utusan Allah untuk beriman
e. Sebab beriman bertaubat sebelum datangnya kematian
Jawablah pertanyaan di bawah ini?
1. إِذْ أَرْسَلْنَا إِلَيْهِمُ اثْنَيْنِ فَكَذَّبُوهُمَا فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ فَقَالُوا إِنَّا إِلَيْكُمْ مُرْسَلُونَ
Tafsirkan ayat tersebut, siapa saja yang termasuk, tiga utusan yang diutus oleh Allah ke suatu negeri?
2. وَمَا عَلَيْنَا إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ
Ayat tersebut menjelaskan tentang tugas seorang rasul yaitu?
3. Jelaskan tafsir ayat di bawah ini?
ءَأَتَّخِذُ مِنْ دُونِهِ ءَالِهَةً إِنْ يُرِدْنِ الرَّحْمَنُ بِضُرٍّ لَا تُغْنِ عَنِّي شَفَاعَتُهُمْ شَيْئًا وَلَا يُنْقِذُونِ
Jelaskan kandungan ayat di atas?
4. ..... قَالُوا إِنَّا تَطَيَّرْنَا بِكُمْ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهُوا لَنَرْجُمَنَّكُمْ وَلَيَمَسَّنَّكُمْ مِنَّا عَذَابٌ أَلِيمٌ
Jelaskan kandungan ayat tersebut di atas ?
5. إِنِّي ءَامَنْتُ بِرَبِّكُمْ فَاسْمَعُونِ
Artikan ayat di atas!
No comments:
Post a Comment