Tuesday, August 3, 2010

Renungan: 1 Manusia itu sama

Sudah semestinya kita harus merenung mulai dari persamaan, seberapahebatnya manusia pada prinsipnya sama, manusia diciptakan dari bahan yang sama hinanya, dan apa yang keluar dari mata juga sama air matanya, yang keluar dari hidung juga sama ingusnya, yang keluar dari mulut juga sama liurnya, begitu juga yang keluar dari kulit dan telinganya… siapapun mereka, seorang artis papan nama sekalipun. Pada prinsip dasarnya adalah sama. Karena itulah, Allah hanya menbedakan manusia dari sisi ketaqwaannya saja, selain ketaqwaan semuanya dianggap sama.
Sungguh tidak wajar jika kita harus membedakan manusia dari sisi derajat duniawinya saja, untuk itu anak-anakku sekalian marilah kita jalin persatuan dan kesatuan karena kita sama hinanya didepan Allah tanpa taqwa menjadi modalnya, air yang keluar dari mata sama air matanya tanpa didahulu dari sebab apa dikeluarkannya dan seterusnya.

Carilah cara untuk membedakannya dari sisi taqwanya. Air mata yang menetes gara gara kesedihan yang mendalam dan penyesalan karena dosa amat lebih berharga ketimbang tetesan air mata karena berduka kehilangan harta. Keringat yang kita keluarkan untuk belajar tentu nilainya beda dengan keringat yang kita keluarkan saat bermain main saja.

No comments:

Post a Comment