Friday, August 6, 2010

Paman Rasulullah

Pada pembahasan yang lalu yaitu lihat tafsir 1 sampai 3, di sana juga dijelaskan bahwa Paman Rasulullah berjumlah 12 orang. Dari 12 orang tersebut, 8 diantaranya telah meninggal terlebih dahulu sebelum Rasulullah silahirkan, dan 4 orang pernah bertemu dengan Rasulullah yaitu Abu Lahab, Abu Thalib, Hamzah dan Abbas.

Dari keempat paman tersebut 2 diantaranya beriman akan Kerasulan Muhammad saw yakni Hamzah dan Abbas sedangkan 2 yang lain yaitu Abu Lahab dan Abu Thalib belum berjanji masuk Islam samapi keduanya di panggil oleh Allah. Meskipun demikian dalam pentas perjuangan Nabi saw, Abu Thalib adalah orang yang mendukung akan perjuangan Nabi, sedangkan Abu Lahab adalah seorang paman yang selalu menjadi musuh Rasulullah, Bahkan nama Abu Lahab diabadikan oleh al Qur'an menjadi salah satu nama surat yakni surat al-Lahab

Abu Thalib menurut penelitian sejarah, tidak diketahui kapan dia mengikrarkan dirinya menjadi seorang muslim, karena itu Abu Thalib dikategorikan orang yang tidak beriman dengan kerasulan Muhammad. Petunjuk dari Allah memang mahal harganya, seseorang bisa saja sudah menjadi teman akrab seorang ustadz, tetapi jika belum mendapat petunjuk dari Allah maka orang tersebut akan tetap kokoh pada pendiriannya, dan tidak mau ikut masuk islam.

Kita pun semakin jelas bahwa, tiadak ada hadits yang bisa diriwayatkan oleh Abu Lahab atau Abu Thalib, karena keduanya tidak masuk Islam. Teapi jika kita tengok banyak sekali hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Abbas dan Hamzah.

Jika anda masih ingin membaca silahkan klik aja tafsir yaasin ayat 1-3

No comments:

Post a Comment